Minggu, 14 Juni 2015

Cara membuat masukan nama di game maker (Beginer & Pemula)

Hai sob, sekarang aku akan membagikan posting "Cara membuat masukan nama di game maker"
Tutorialnya lima langkah mudah.

Bahan - bahan
1)Klentikan jari
2)Game makernya
3)Keberaniannya
4)Sprite dan backgroundnya (dapat di download disini)

tidak usah basa basi sekarang lanjuut..!!! :)
1)Spritenya
Bei nama = spr_player

2)Backgroundnya
berinama background dengan nama
- Bg_grass                                                                -Bg_tiles
























NB :
1.lingkaran 1 harus di tekan dulu.
2.sesudah muncul tulisan Tile Properties, lingkaran no 2 diisi dengan angka 32.

3)Font
berinama
-fnt_name                                 -font



4) Object

berinama obj_player
Sprite: spr_player
Solid: false
Visible: true
Depth: 0
Persistent: false
Parent: <no parent>
Mask: <same as sprite>

Klik new Event >> create >> control  >> variables >> set variable
Variable : step
Value : 3
OK

Klik new Event >> keyboard >> left  >> control  >> code >> execute code
isi kode dengan script dibawah ini :

if keyboard_check(vk_left)x-=4

Klik new Event >> keyboard >> up  >> control  >> code >> execute code
isi kode dengan script dibawah ini :

if keyboard_check(vk_up)y-=4

Klik new Event >> keyboard >> right  >> control  >> code >> execute code
isi kode dengan script dibawah ini :

if keyboard_check(vk_right)x+=4

Klik new Event >> keyboard >> down  >> control  >> code >> execute code
isi kode dengan script dibawah ini :

if keyboard_check(vk_down)y+=4

Klik new Event >> draw >> control >>code >> execute code
isi kode dengan script dibawah ini :

//Draws the name
draw_set_color(c_red)
draw_set_font(fnt_name)
draw_text(self.x,self.y-16,global.name)
//Draws the sprite
draw_sprite(spr_player,0,self.x,self.y)

2.obj_nama
Sprite: <no sprite>
Solid: false
Visible: true
Depth: 0
Persistent: false
Parent: <no parent>
Mask: <same as sprite>

Klik new Event >> create >> control  >> execute code
Isi script dengan kode di bawah ini :

//Buat warna acak
background_color = make_color_rgb(random(255),random(255),random(255))

//Buat variable global.name
global.name = ""


Klik new Event >> step >> step  >> control  >> execute code
Isi script dengan kode di bawah ini :

//Buat nama untuk char
global.name = keyboard_string


Klik new Event >> draw >> control  >> execute code
Isi script dengan kode di bawah ini :

//Set the drawing font to 'fnt_text'
draw_set_font(font)
//Set the drawing color to white
draw_set_color(c_white)
//Set the horizontal text align
draw_set_halign(fa_center)
//Draw the name that the user types
draw_text(x,y,"Siapa kamu?#" + global.name)


Klik new Event >> key press >> enter  >> control  >> execute code
Isi script dengan kode di bawah ini :

//If the number of characters in
//global.name is smaller than 8
if string_length(global.name) < 8
{
//Go to the next room(rm_story)
room_goto_next()
}
//If not...
else
{
//...show a message and restart the game
show_message("Nama kamu panjang sekali!")
room_restart()
}

5) Room
buatlah dua room yang bernama
- rm1nama                                                               - rm2main

1.rm1nama
Buatlah object obj_nama di rm1nama ditengah tengah
dan Buatlah snap x dan y menjadi 16 seperti ini
2.rm2main
letakan object sesukamu dan pasang backround yang bernama bg_grass
boleh diletakan tiles

dan taraaa game mu sudah jadi

jika namamu lebih dari 8 jadinya seperti ini




























tapi jika namamu kurang dari 8 akan jadi begini





























Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar