Minggu, 17 Mei 2015

Cara membuat game bomberman dengan game maker

Assalamualaikum,hai sob, sekarang kita akan membahas Cara membuat game bomberman dengan game maker.

Bahan bahan:

  1. Spirit  (spirit dan background bisa di download disini)
  2. Musik (musiknya kebanyaken)
  3. Background
  4. Game maker
  5. Laptop/Komputer
  6. kelentikan jari
Sekarang langsung aja lihat tutorialnya di bawah ini.
1.Spirite

Untuk membuat objek player kita harus membuat empat spirit

Buatlah  empat sprites dengan nama :

- spr_char_right
spr_char_down
spr_char_up
spr_char_left

Ubah semua originnya menjadi : Center

2. Tembok
Untuk membuat dinding - dinding dalam game buatlah dua buah sprites seperti gambar dibawah ini: 


Dengan nama :

- spr_obstacle
- spr_wall

3. Bomb
Untuk bomb dan ledakannya buatlah dua buah sprites seperti gambar dibawah ini 

Buatlah  dua sprites dengan nama :

- spr_bomb
- spr_explode_1

Ubah semua originnya menjadi : Center

4. Musuh
Terakhir untuk musuhnya buatlah sprites seperti gambar di bawah.

Berinama spr_enemy_1 kemudian atur Originnya menjadi : center.

Objects
Sekarang kita akan membuat objek yang akan ada dalam game bomberman kita. buatlah object dengan cara Klik Resources > Create Object
1. obj_effect_1

 Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut



fire_up=1
alarm[0]=15

Klik Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut




instance_destroy()
2. obj_wall


Berinama obj_wall pilih sprite : spr_wall  kemudian Centang pada bagian Visible dan Solid.

Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK

3. obj_obstacle

Berinama obj_obstacle pilih sprite : spr_obstacle  kemudian Centang pada bagian Visible dan Solid.

4. Bomber_armor


Buat sebuah object dengan nama Bomber_armor dengan sprite : spr_char_Right.
Kemudian tambahkan event berikut :

Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
2
3
4
5
6
global.hp=100
bomb=1
bom = 1;
image_speed=0
global.fire_up=1
bomb_out=1

Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

if keyboard_check(vk_up){
    y-=3
    sprite_index=spr_char_up
    image_speed = 0.4
    draw_sprite_tiled(spr_char_up,0,x,y)
    direction=90
}

if keyboard_check(vk_down){
    y+=3
    sprite_index=spr_char_down
    image_speed = 0.4
    draw_sprite_tiled(spr_char_down,0,x,y)
    direction=270
}

if keyboard_check(vk_left){
    x-=3
    sprite_index=spr_char_left
    image_speed = 0.4
    draw_sprite_tiled(spr_char_left,0,x,y)
    direction=180
}

if keyboard_check(vk_right){
    x+=3
    sprite_index=spr_char_right
    image_speed = 0.4
    draw_sprite_tiled(D_right,0,x,y)
    direction=0
}

if bomb_out=1{

}

if bomb_out+1{
    repeat(bomb)
    {
        if bomb_out>1 {
            instance_count.bomb+=1
        }
    }
}

Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut


if x <= 0 x = 0
if x >= room_width x = room_width
if y <= 0 y = 0
if y >= room_height y = room_height

Klik Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK
Klik Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK

Klik Add Event > Keyboard > no key > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
2
3
4
if keyboard_check(vk_nokey)
{
image_speed=0
}

Klik Add Event > Key press > space > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
2
3
4
if bom > 0 {
instance_create(x,y,obj_bomb)
bom -= 1
}

5. obj_bomb


Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
2
image_speed=0.3
alarm[0]=30

Klik Add Event > Destroy > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
bom += 1.5

Klik Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut


1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
if global.fire_up=1
{
instance_create(x,y,obj_effect_1)
instance_destroy()
}

else if global.fire_up=2
{
instance_create(x,y,obj_effect_2)
instance_destroy()
}

6. obj_enemy_a
Object Musuh

Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
2
move=floor(random(5))
image_speed=0.3

Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
alarm[0]+=1
if alarm[0]>=20{
    move=floor(random(4))
    alarm[0]=0
}

if move=0{
   image_speed=0.3
   image_angle=270
    y+=2
    
}

if move=1{
    image_speed=0.3
    image_angle=90
    y-=2
     
}

if move=2{
    image_speed=0.3
    image_angle=180
    x-=2
     
}

if move=3{
    image_speed=0.3
    image_angle=0
    x+=2
    
}

if move=4{
x=x
y=y
image_speed=0
}
     
if move=5{
x=x
y=y
image_speed=0
}

Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
2
3
4
if x <= 0 x = 0
if x >= room_width x = room_width
if y <= 0 y = 0
if y >= room_height y = room_height

Klik Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK
Klik Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK

Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK
Room


Buatlah sebuah room dengan cara
 klik Resources > Create Room. berinama room0 kemudian atur SnapX = 26 dan SnapY = 26

Klik Background > Centang Visible when room starts > pilih background yang kamu load  > Ok
Sekarang coba anda jalankan game anda dengan cara tekan
 F5 atau klik Run > Run Normaly.
Tekan Space untuk bom.

1 komentar :

  1. hayy.. aku tidak bisa menjalankannya.. kenapa ya ... ?? loading nya lama sekali pada bagian awal ingin masuk ke game.. mohon pencerahannya ..trims

    BalasHapus