Bahan bahan:
- Spirit (spirit dan background bisa di download disini)
- Musik (musiknya kebanyaken)
- Background
- Game maker
- Laptop/Komputer
- kelentikan jari
Sekarang langsung aja lihat tutorialnya di bawah ini.
1.Spirite
Untuk membuat objek player kita harus membuat empat spirit
Buatlah empat sprites dengan nama :
- spr_char_right
- spr_char_down
- spr_char_up
- spr_char_left
- spr_char_up
- spr_char_left
Ubah semua originnya
menjadi : Center
2. Tembok
Untuk membuat dinding - dinding
dalam game buatlah dua buah sprites seperti gambar dibawah ini:
Dengan nama :
- spr_obstacle
- spr_wall
- spr_obstacle
- spr_wall
3. Bomb
Untuk bomb dan
ledakannya buatlah dua buah sprites seperti gambar dibawah ini
Buatlah dua sprites
dengan nama :
- spr_bomb
- spr_bomb
- spr_explode_1
Ubah semua originnya
menjadi : Center
4. Musuh
Terakhir untuk musuhnya
buatlah sprites seperti gambar di bawah.
Berinama spr_enemy_1 kemudian atur Originnya menjadi : center.
Objects
Sekarang kita akan
membuat objek yang akan ada dalam game bomberman kita. buatlah object dengan
cara Klik Resources > Create Object
1. obj_effect_1
Klik
Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code >
Isi dengan script berikut
fire_up=1
alarm[0]=15
|
Klik
Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control >
Execute Code > Isi dengan script berikut
instance_destroy()
|
2. obj_wall
Berinama obj_wall pilih sprite : spr_wall kemudian Centang
pada bagian Visible dan Solid.
Klik
Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 >
Destroy Instance > OK
3. obj_obstacle
Berinama obj_obstacle pilih
sprite : spr_obstacle kemudian Centang pada bagian Visible
dan Solid.
4. Bomber_armor
Buat sebuah object
dengan nama Bomber_armor dengan sprite : spr_char_Right.
Kemudian tambahkan event berikut :
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Kemudian tambahkan event berikut :
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
5
6
|
global.hp=100
bomb=1
bom = 1;
image_speed=0
global.fire_up=1
bomb_out=1
|
Klik
Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute
Code > Isi dengan script berikut
if keyboard_check(vk_up){
y-=3
sprite_index=spr_char_up
image_speed = 0.4
draw_sprite_tiled(spr_char_up,0,x,y)
direction=90
}
if keyboard_check(vk_down){
y+=3
sprite_index=spr_char_down
image_speed = 0.4
draw_sprite_tiled(spr_char_down,0,x,y)
direction=270
}
if keyboard_check(vk_left){
x-=3
sprite_index=spr_char_left
image_speed = 0.4
draw_sprite_tiled(spr_char_left,0,x,y)
direction=180
}
if keyboard_check(vk_right){
x+=3
sprite_index=spr_char_right
image_speed = 0.4
draw_sprite_tiled(D_right,0,x,y)
direction=0
}
if bomb_out=1{
}
if bomb_out+1{
repeat(bomb)
{
if
bomb_out>1 {
instance_count.bomb+=1
}
}
}
|
Klik
Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control >
Execute Code > Isi dengan script berikut
if x
<= 0 x = 0
if x
>= room_width x = room_width
if y
<= 0 y = 0
if y
>= room_height y = room_height
|
Klik
Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Step
Towards > OK
Klik
Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move >
Step Towards > OK
Klik Add Event > Keyboard > no key > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
|
if keyboard_check(vk_nokey)
{
image_speed=0
}
|
Klik
Add Event > Key press > space > Pada tab kanan pilih Control >
Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
|
if bom
> 0 {
instance_create(x,y,obj_bomb)
bom -= 1
}
|
5. obj_bomb
Klik
Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code >
Isi dengan script berikut
1
2
|
image_speed=0.3
alarm[0]=30
|
Klik
Add Event > Destroy > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code >
Isi dengan script berikut
1
|
bom += 1.5
|
Klik
Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control >
Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
|
if global.fire_up=1
{
instance_create(x,y,obj_effect_1)
instance_destroy()
}
else if global.fire_up=2
{
instance_create(x,y,obj_effect_2)
instance_destroy()
}
|
6. obj_enemy_a
Klik
Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code >
Isi dengan script berikut
1
2
|
move=floor(random(5))
image_speed=0.3
|
Klik
Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute
Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
|
alarm[0]+=1
if alarm[0]>=20{
move=floor(random(4))
alarm[0]=0
}
if move=0{
image_speed=0.3
image_angle=270
y+=2
}
if move=1{
image_speed=0.3
image_angle=90
y-=2
}
if move=2{
image_speed=0.3
image_angle=180
x-=2
}
if move=3{
image_speed=0.3
image_angle=0
x+=2
}
if move=4{
x=x
y=y
image_speed=0
}
if move=5{
x=x
y=y
image_speed=0
}
|
Klik
Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control >
Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
|
if x
<= 0 x = 0
if x
>= room_width x = room_width
if y
<= 0 y = 0
if y
>= room_height y = room_height
|
Klik
Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Step
Towards > OK
Klik
Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move >
Step Towards > OK
Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK
Room
Buatlah sebuah room dengan cara klik Resources > Create Room. berinama room0 kemudian atur SnapX = 26 dan SnapY = 26
Klik Background > Centang Visible when room starts > pilih background yang kamu load > Ok
Sekarang coba anda jalankan game anda dengan cara tekan F5 atau klik Run > Run Normaly.
Tekan Space untuk bom.
Sekarang coba anda jalankan game anda dengan cara tekan F5 atau klik Run > Run Normaly.
Tekan Space untuk bom.
hayy.. aku tidak bisa menjalankannya.. kenapa ya ... ?? loading nya lama sekali pada bagian awal ingin masuk ke game.. mohon pencerahannya ..trims
BalasHapus